Kabar

PNRI Promosikan Cerita Panji

Jakarta, IndoBudaya.com – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) promosikan cerita Panji dengan menyelenggarakan Pameran Naskah Cerita Panji “Cerita Panji sebagai Warisan Budaya Dunia”. Pameran yang digelar di Gedung PNRI ini dimaksudkan sebagai upaya menumbuhkan kebanggaan generasi muda terhadap sastra nusantara.

“Saat ini tidak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa cerita Panji merupakan cerita asli Indonesia, yang distirbusi penyebarannya hingga lingkup regional. Generasi muda juga kekurangan sumber teks-teks sejarah. Dari pameran ini diharapkan generasi muda akan bangga dengan karya sastra nusantra,” ucap Kepala Bidang Pengembangan Jasa Informasi PNRI, Helminingsih di Auditorium PNRI Jakarta (24/10).

Cerita Panji tidak hanya beredar di tanah Jawa saja, namun menyebar pula di Bali, Lombok dan mancanegara. Cerita Panji berkembang antara abad ke-7 hingga abad ke-15. “Penting bagi kita memperhatikan warisan budaya berupa kesastraan. Terkikisnya kesadaran budaya menunjukkan kemerosotan sebuah generasi di Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merefreshing kembali budaya warisan leluhur kita,” tambah Helminingsih.

Selain pamerkan naskah Panji, juga disajikan lukisan yang dibuat berdasarkan cerita Panji. Lukisan karya seniman Pujianto ini menceritakan 23 episode kisah cinta Panji Asmorobangun dan Putri Candrakirana. Lukisan dibuat dalam ukuran besar, lebar satu meter dan panjang 60 meter.

Dalam eksposisi cerita Panji ini, PNRI juga menggelar seminar cerita Panji, tari-tarian, gerai buku, dan lainnya. (AA/IF/YZ)

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button