Kabar

Festival Pamalayu 2019

Jakarta, JurnalKayon.com – Kabupaten Dharmasraya adalah salah satu kabupaten di propinsi Sumatera Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Pulau Punjung. Dulunya pernah menjadi ibu kota dan pusat pemerintahan Kerajaan Melayu.
.
Adanya wilayah Dharmasraya dan hubungan dengan Kerajaan Singhasari sudah dituliskan sejak dahulu. Ini dapat dilihat pada Prasasti Dharmasraya yang menyatakan bahwa pada tahun 1208 Saka, Krtanagara mengirimkan arca Amoghapasa. Pengiriman arca membuat ra’yat Dharmasraya bergembira. Adapun Pejabat Singhasari yang diutus antara lain Rakryan Mahamantri Dyah Adwayabrahma, Rakryan Sirikan Dyah Sugatabrahma, Samgat Payanan Hari Dipangkaradasa, dan Rakryan Dmurj Pu Wira. Hal ini diungkapkan oleh Bambang Budi Utomo dari Pusat Arkeologi Nasional dalam Diskusi Menyingkap Tirai Sejarah Dharmasraya di Museum Nasional Indonesia, 22 Agustus 2019.
.
Pada kesempatan ini juga Dirjen Kebudayaan Republik Indonesia Hilmar Farid, berkenan membuka acara dimulainya Festival Pamalayu 22 Agustus 2019 – 7 Januari 2020. Penutupan acara dijadwalkan 7 Januari bertepatan dengan HUT Dharmasraya ke-16.
.
Opening Speech dibuka oleh Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Bupati Dharmasraya). Narasumber diskusi didukung Bambang Budi Utomo (Puslit Arkenas) serta Wenri Wanhar (Perkumpulan Wangsamudra). Moderator Tomi Aryanto (Direktur Tempo).
.
Pembukaan Festival Pamalayu diselenggarakan oleh Pemerintah Dharmasraya, Sumatera Barat bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia didukung olehTempo Media Group serta Museum Nasional Indonesia. (Kelompok Pecinta Museum Indonesia)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button