Lokus

Indonesian Visual Art Archive (IVAA)

Yayasan Indonesian Visual Art Archive (IVAA) adalah sebuah lembaga nirlaba yang didirikan tahun 1995, dikenal dengan nama Yayasan Seni Cemeti sampai April 2007. Melalui aktivitas pendokumentasian, pengarsipan, riset, perpustakaan serta penyelenggaraan program edukasi dan eksplorasi seni visual, IVAA berfungsi sebagai laboratorium kreatif yang menyokong aktivitas pengembangan maupun perekaman perjalanan seni visual dan budaya kontemporer, baik secara praktek maupun wacana.

Koleksi dokumentasi IVAA meliputi berbagai format antara lain foto, audio, video dan teks. Secara fisik berupa foto dan video berbagai peristiwa seni, rekaman video wawancara, rekaman suara diskusi, kliping, makalah, katalog pameran dalam dan luar negeri, dan tentu saja repro/rekaman dari karya-karya perupa Indonesia. Saat ini koleksi dokumentasi IVAA menyimpan ribuan data dan informasi yang berhubungan dengan seni visual di Indonesia yang telah dikumpulkan selama lebih dari 10 tahun. Pusat arsip dan perpustakaan mandiri ini ditujukan sebagai infrastruktur penyedia informasi, referensi dan pembelajaran bagi perupa, peneliti, mahasiswa, kurator, kritisi dan berbagai pihak lainnya dalam ranah seni rupa.

Sejak pertengahan 2008, IVAA melakukan proses digitalisasi dan kemitraan arsip dengan berbagai lembaga seni rupa di Indonesia untuk preservasi arsip, dan mempublikasikan koleksi tersebut ke jaringan online sebagai Pusat Informasi Digital untuk Seni Visual di Indonesia.

Alamat
Jalan Ireda Gang Hiperkes MG I-188 A/B
Kampung Dipowinatan, Keparakan Yogyakarta

Contact Person
Pitra Ayu
Email: pitra[at]ivaa-online.org

Website Lembaga
www.ivaa-online.org

Arsip Online
archive.ivaa-online.org

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button