Lokus

FilmIndonesia.or.id

Sebelum FILMINDONESIA.OR.ID

Pada tahun 1995, JB Kristanto (wartawan dan kritikus film senior) mempelopori penerbitan secara utuh Katalog Film Indonesia 1926-1995 atas inisiatif pribadi dibantu oleh SM Ardan (kurator film Sinematek Indonesia). Buku ini berisi data film-film cerita panjang Indonesia yang diproduksi sejak tahun 1926 sampai tahun 1994. Atas inisiatif JB Kristanto, Katalog Film Indonesia diterbitkan kembali pada 2007 yang memuat data-data film produksi 1926-2007. Agar data film Indonesia dalam bentuk katalog terus tersedia secara berkala, JB Kristanto bersama Lisabona Rahman menerbitkan katalog film Indonesia (dalam bahasa Indonesia dan Inggris) yang berjudul Indonesian Film Catalogue 2008 pada tahun 2008. Buku tersebut memuat data-data film yang diproduksi 2007 hingga awal 2008.

Informasi mengenai Katalog Film Indonesia: www.nalar.co.id

Inisiatif FILMINDONESIA.OR.ID

Penerbitan buku Katalog Film Indonesia (edisi 2007 dan 2008) selalu mendapat tanggapan yang baik dari kalangan pemerhati film Indonesia. Sayangnya, daya serap publik atas buku Katalog Film Indonesia sangatlah rendah. Hal itu disebabkan salah satunya oleh biaya produksi buku yang tinggi sehingga harga buku tersebut menjadi terlalu mahal (mengingat daya beli masyarakat yang rendah) dan juga, mekanisme distribusi buku yang berlaku di Indonesia menyulitkan jenis buku seperti Katalog Film Indonesia untuk tetap tersedia di toko buku.

Oleh karena itu, JB Kristanto beserta Lisabona Rahman dan Yayasan Konfiden berinisiatif untuk membuat FILMINDONESIA.OR.ID (FI). Situs web ini menyajikan data dan informasi lengkap tentang perfilman Indonesia yang tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Pengubahan bentuk publikasi data film Indonesia dari format buku ke bentuk online bertujuan agar informasi tentang film Indonesia dapat diakses oleh publik secara lebih mudah, cepat, dan murah dengan cakupan informasi yang lebih luas dan lengkap.

Inisiatif ini tentu tidak bisa berjalan tanpa adanya sebuah organisasi yang menaungi seluruh proses pengerjaan, pengembangan, dan operasional situs web ini. Maka, para inisiator sepakat untuk menjadikan situs web FILMINDONESIA.OR.ID sebagai program dari Yayasan Konfiden.

Yayasan Konfiden (Organisasi Pendiri Film Indonesia)
Yayasan Konfiden adalah sebuah yayasan nirlaba yang mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan mengenai bidang audio visual dan manfaatnya bagi masyarakat sebagai wadah untuk sumber daya dan dukungan atas dasar inisiatif masyarakat sendiri. Sampai tahun 2010, program Yayasan Konfiden meliputi bidang Pendidikan (lokakarya, perpustakaan, penerbitan; riset, dan konsultasi produksi), Produksi (Visual Proposal dan Gerilya Sinema), dan Eksibisi (Festival Film Pendek Konfiden, Tawuran, dan pemutaran film). Namun mulai tahun 2010 Yayasan Konfiden memusatkan perhatian pada bidang database dan pengarsipan. Bermula dari koleksi film pendek dalam Videotek Konfiden, lalu berkembang ke situs web Film Indonesia.

Tim Kerja FILMINDONESIA.OR.ID
JB Kristanto – Editor

Penulis Katalog Film Indonesia yang sudah terbit dalam tiga edisi. Beliau dikenal luas sebagai penulis kritik film senior. Setelah pensiun sebagai wartawan di Harian Kompas, beliau aktif mengurus usaha penerbitannya, dan mengawasi pengerjaan dan pengembangan Film Indonesia.

Lisabona Rahman – Editor
Saat ini Lisa tinggal di Jakarta. Selain sebagai editor FI, ia juga menjadi manajer program kineforum Dewan Kesenian Jakarta, bioskop terprogram pertama di Indonesia sejak Oktober 2006. Lisa juga pernah menjadi penulis kritik film untuk koran The Jakarta Post minggu.

Totot Indrarto – Ko-EditorPraktisi periklanan yang dikenal sebagai pengamat perfilman dan kritikus film ini juga rajin menulis seputar teknologi infomasi dan komunikasi, iklan, dan sepakbola. Tulisan-tulisan Totot dapat dibaca melalui blog pribadinya (http://www.pakde.com/) yang ‘terbit’ sejak 2004. Pada 2010, Totot menjadi tim seleksi dan juri Festival Film Indonesia.
Totot Indrarto – Ko-Editor

Praktisi periklanan yang dikenal sebagai pengamat perfilman dan kritikus film ini juga rajin menulis seputar teknologi infomasi dan komunikasi, iklan, dan sepakbola. Tulisan-tulisan Totot dapat dibaca melalui blog pribadinya yang ‘terbit’ sejak 2004. Pada 2010, Totot menjadi tim seleksi dan juri Festival Film Indonesia.

Dedy Arnov – Manajer Teknologi
Dalam Yayasan Konfiden, Dedy memegang jabatan Direktur Program. Ia mendapatkan pengetahuan teknologi internet secara otodidak, dan terus mempraktikkan dan mengembangkan pengetahuan ini dengan membuat situs web Film Indonesia.

Agus Mediarta – Manajer Program
Dalam Yayasan Konfiden, Agus memegang jabatan Asisten Pengembangan Program. Ia bertanggung jawab atas Videotek Konfiden, dan pernah menjadi Ketua Dewan Program FFPK selain menjadi programmer lepas. Agus juga berpengalaman di bidang riset, didukung oleh latar belakang studinya di Jurusan Sejarah.

Arie Kartikasari – Administrasi Program
Menyelesaikan pendidikan produksi film di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta, pada tahun 2007. Sempat menjadi asisten pengajar produksi film di almamaternya, terlibat dalam beberapa produksi film, dan festival film di Indonesia. Kini, Tika, panggilan akrabnya, bertanggung jawab atas pengurusan administrasi redaksi dan database untuk situs Film Indonesia.

Adrian Jonathan Pasaribu – Penulis
Pendiri sekaligus pengurus harian CinemaPoetica.com, sebuah situs kajian film, dengan harapan dapat membangun sebuah arsip film di masa depan. Sebelumnya, bertanggung jawab sebagai programmer Kinoki, sebuah ruang pemutaran alternatif di Yogyakarta, dari tahun 2007 sampai 2010. Saat ini, aktif menjalani kehidupan pasca kuliah di situs Film Indonesia.

Amalia Sekarjati – Penulis
Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Multimedia Nusantara. Sudah aktif menjadi relawan di Kineforum sejak 2007 ketika masih di bangku SMA. Saat ini Sekar menjabat sebagai publisis Kineforum.

Deden Ramadani – Petugas Input Data
Deden mulai mengenal dunia perfilman sejak SMA. Sebagai pembuat film pendek pemula, beberapa karyanya pernah mendapat penghargaan di berbagai festival, baik tingkat lokal maupun nasional. Saat ini, turut membantu dalam mengisi dan melengkapi database situs web Film Indonesia sambil melanjutkan studinya.

Sumber: FilmIndonesia.or.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button