Kabar

Kemenparekraf Gelar Festival Nasional Seni Pertunjukan

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menyelenggarakan Festival Nasional Seni Pertunjukan yang mengambil tema “Kearifan Lokal Yang Kekinian“. Festival tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 25-26 September 2014..

Seni pertunjukan ini sejak 2011 merupakan bentuk fasilitasi pemerintah bagi seniman-seniman muda yang nantinya akan berkiprah dalam festival bergengsi di dalam maupun diluar negeri .

Festival Nasional Seni Pertunjukan Indonesia 2014 melibatkan 18 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Riau Indragiri Hilir, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung,Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan DKI Jakarta. Masing-masing provinsi menampilkan karyanya, dan mendapat kesempata tampil dengan durasi 20 menit.

“Festival ini kita gelar setiap tahun dari 2011. Event ini bukan hanya media pertunjukan kebolehan dari tiap provinsi tapi mereka harus bangun persahabatan,” papar Dirjen Parekraf Berbasis Seni dan Budaya Prof, Ahman Syah ditemui seusai membuka Festival Nasional Seni Pertunjukan Indonesia 2014 di Gedung Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

“Tema ini merujuk seni budaya dalam konteks beradaptasi dengan zaman. Pendekatan budaya harus reinventarisasi nilai-nilai, kedua reinterpretasi dalam nilai budaya, dan reformulasi ulang adaptasi proses kekinian,”ujarnya.

Sementara itu Eko Supriyanto yang dipercaya sebagai juri festival nasional tahun 2014 mengatakan yang penting dalam ajang ini muncul keanekaragaman yang tiada duanya. “Dari pengalaman saya kalau di luar sudah terkotak-kotak, keunikan seni kita nggak bisa dipisahkan. Seniman harus membangun kompleksitas ragam budaya. Perbedaan seni budaya justru menjadi modal kekuatan Indonesia,” tambahnya.(www.pikiran-rakyat.com/Munady/A-147).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button