Agenda

Workshop Empu III: Teknologi “Las” dalam Proses Pembuatan Keris

Teknologi “las” atau weld adalah proses penyatuan dua atau lebih material jenis logam. Inilah prinsip yang sebenarnya juga terjadi dalam proses pembuatan keris; yaitu penyatuan antara besi, nikel dan baja pada saat proses penempaan dan pelipatan. Proses penyatuan logam-logam tersebut baru bisa terjadi manakala ketiga logam tadi, saat pembakaran di tungku, mengalami titik lebur, atau fusi.

Pengertian tentang teknologi “las” di atas niscaya masih asing di kalangan empu pembuat keris. Mereka selama ini cenderung bersandar pada pengalaman empirik, dan itu menjadi ilmu pengetahuan yang diwariskan di antara para empu secara turun-menurun. Memahami teori tentang las atau weld bagi pembuat keris juga niscaya akan meningkatkan pengetahuan mereka, sehingga proses pembuatan keris akan lebih efektif dan efisien.


“Kalau setiap empu memahami teknologi las dalam proses pembuatan keris, mereka akan mendapatkan hasil produk bilah keris yang sempurna. Dengan pengetahuan yang tepat tentang titik lebur atau fusi pada saat proses pelipatan dan penempaan material-material logam itu, maka didapat rupa pamor yang sempurna. Pemahaman yang baik tentang itu akan menghindarkan kegagalan atau zero defect saat proses penyepuhan,” papar Thomas P Harsojo, pakar metalurgi.

Balai Soedjatmoko Solo
16 Maret 2013, 9.00 – 13.00

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button