AgendaSeni Rupa

PAMERAN FOTO “25 SAHABAT BAPAK”, SONIA PRABOWO

PAMERAN FOTO “25 SAHABAT BAPAK”, 

KARYA SONIA PRABOWO

16-24 FEBRUARI 2013
BENTARA BUDAYA YOGYAKARTA
JL SUROTO 2A, KOTABARU, YOGYAKARTA

TERBUKA UNTUK UMUM DAN GRATIS

Rindu adalah hak setiap orang, dan kerinduan akan sosok seorang bapak yang telah tiada, dari hari ke hari begitu kuat adanya di diri Sonia Prabowo. Rindu itupun lalu menjadi virus yang menjalar ke setiap sisi hati, dan ingatan Sonia tentang sang bapak dan berbuah pada rasa-rasa lainnya, seperti hormat, kagum, pemahaman baru akan sesuatu, bahkan hal yang belum pernah dirasakan kala sang bapak masih ada. Puncaknya adalah dengan hadirnya pameran foto yang diberinya judul “25 Sahabat Bapak” ini.

Sonia pun merangkai sebuah perjalanan kilas balik melalui mata, hati dan pesan-pesan sahabat-sahabat almarhum bapaknya. Sebuah konsep yang segar dan cerdas. Dalam implemestasinyapun, Sonia tidak main-main dan sangat total. Sonia seakan ingin lebur dengan sosok sang ayah, bahkan mulai mencernanya dari lagu kesayangan sang ayah, “Scarborough Fair”, yang dipopulerkan oleh Paul Simon & Art Garfunkel. Bak menelusuri lirik lagu di atas, melalui orang-orang terdekat ayahnya, satu demi satu gambaran tentang almarhum kembali digali, ditemukan, diyakinkan, dibuktikan, lalu dinyatakan dalam lembar-lembar foto yang indah.

Teknik black and white yang dipilih, bagi saya menjadi salah satu kekuatan Sonia. Ada jutaan gradasi di antara hitam dan putih yang barangkali sama banyaknya dengan teknik foto berwarna, tapi dramatic impact justru saya rasakan lebih kuat, dan Sonia begitu mahir memainkannya.

Selebihnya, foto-foto hasil jepretan Sonia menggambarkan dengan sarat estetika seni para sahabat ayahndanya, sekaligus bercerita betapa almarhum bapak Sonia dicintai oleh sosok-sosok manusia yang bersahaja sekaligus berkualitas, serta banyak memberikan pelajaran kepada Sonia soal bagaimana menjadi manusia yang memiliki kepribadian luhur. (Aki Adishakti – kurator)

Sonia Prabowo mengikuti berbagai pameran foto sejak tahun 2008. Profesi fotografer merupakan pilihan yang tak terduga, yang muncul setelah pergulatan panjang antara minat, karir, potensi, karya, tantangan dan harapan-harapan. Karya dan sosoknya diprofilkan di  Exposure Online Photography Magazine (2009; Le Banian, 11th ed., France (2011). Karya-karyanya juga dipublikasikan dalam  Le Gazzete Calendar(2009, 2010, 2011, 2012).

Pameran ini diselenggarakan untuk memperingati 1000 hari kepergian alm. Prof. Dr. Dibyo Prabowo, MSC., ekonom, mantan anggota Board Yayasan Karta Pustaka, sekaligus sebagai penanda eksistensi Sonia di dunia fotografi.

 *) Pameran ini diselenggarakan oleh: Karta Pustaka – Bentara Budaya Yogyakarta – Sonia Prabowo

 Pusat Kebudayaan Indonesia-Belanda “Karta Pustaka”
(Indonesisch-Nederlands Cultureel Centrum/Indonesian-Dutch Cultural Center)

Jl. Suryodiningratan 37 B, Yogyakarta 55141 – Indonesia
T. 62 274 383792  F. 62 274 377124
fb: www.facebook.com/Karta Pustaka
twitter: www.twitter.com/Karta Pustaka

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button