Serba Serbi

Slide-Glass Karya Guru Arsitektur ITB Dipamerkan

Sebanyak 5.770 foto slide kaca karya arsitek Belanda, V.R. Van Romondt, sedang dipreservasi oleh dosen dan mahasiswa jurusan arsitektur ITB, Bandung. Kegiatan ini sudah mulai dikerjakan pada tahun 1997, namun belum memadai karena kesulitan dana.

Koleksi slide berisi ragam arsitektur-arkeologi bangunan kuno di Indonesia dan negara lain ini merupakan yang terlengkap di Indonesia. Koleksi V.R. Van Romondt ditampilkan ke publik sejak Rabu (5/3) di Galeri Arsitektur ITB sebanyak 47 foto dan dokumen cetakan.

Foto dalam slide kaca itu dibuat pada kurun waktu 1920-1940 ini sebanyak 5.770. sebanyak 5.420 foto slide saja yang berhasil dipreservasi. Sisanya tidak berhasil diselamatkan karena kondisi slide kacanya sangat rapuh akibat jamur, lemak, polimer, cacat bingkai, dll. Proyek restorasi itu didanai pemerintah Amerika Serikat, foto-foto slide kaca Romondt rencananya dapat diakses oleh masyarakat luas dalam bentuk digital.

Romondt merupakan salah satu bapak pendidikan arsitektur modern di Indonesia. Selama bertugas mengajar di Arsitektur ITB, yang dulu bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng, ia banyak menyimpan foto-foto dan desain arsitektur candi-candi dari berbagai zaman dan bentuk bangunan di Indonesia pada jamannya.

Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat Anne E Grimes juga hadir dalam pameran itu. Karya Romondt termasuk penting untuk masa depan sebagai pembanding ataupun alat restorasi ragam arsitektur budaya kuno. Sangat disayangkan jika warisan berharga itu rusak.

Kegiatan restorasi karya-karya Romondt baru pada tahapan preservasi slide, selanjutnya adalah mengelola arsip berharga itu untuk kepentingan ilmu pengetahun. Masih banyak karya Romondt yang belum terselamatkan, seperti tulisan, foto dan dokumen-dokumen lainnya. (Argus Firmansah/KOKTAIL/Bandung)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button