AgendaSeni Rupa

Program Kegiatan Soemardja 6 Bulan

Tahun 2006 ini kami mengawali kegiatan pameran tunggal Heri Dono berjudul heri WAR dono, pameran tersebut berhasil membujuk si seniman untuk pertama kali berpameran tunggal di Bandung dengan membawa karya-karya baru instalasi serta lukisan. Program kegiatan berikutnya telah disiapkan hingga awal bulan Agustus 2006, diantaranya pameran mahasiswa dan umum.Akhir bulan ini tepatnya tanggal 28 februari, sebuah pameran seni grafis kontemporer bertajuk OBSESI dikuratori oleh Dimas Arif Nugroho diikuti oleh beberapa seniman muda dari FSRD ITB.

Untuk berikutnya tanggal 10 Maret akan berlangsung pameran grafis dari Slovak sekitar beberapa minggu, dilanjutkan dengan pameran komunitas AMBARI BA pada bulan April 2006, komunitas ini dimotori oleh Ismet Zaenal Effendi dan Riswandi yang sudah tidak asing lagi di kompetisi-kompetisi seni lukis beberapa waktu lalu.

Pada tanggal 25 April s.d 11 Mei ini galeri Soemardja mendapat kehormatan untuk memamerkan koleksi poster-poster Rusia koleksi Duta Besar RI untuk Rusia yaitu Bapak Susanto Pudjomartono. Poster-poster yang dipamerkan ini merupakan poster-poster fase pemerintahan Stalin, Lenin hingga sekarang.

Program yang menarik adalah Program Pemeran Seni Grafis Dosen dan Mahasiswa FSDR-ITB, yang akan diadakan pada pada tanggal 15 Mei s.d 27 Mei . Melalui pameran ini harapan yang akan di bangun adalah membangkitkan kembali gairah para seniman dan karya-karya Seni Grafis di dalam medan seni.

Selanjutnya giliran program kerjasama dengan CCF Bandung yaitu program pameran Ilustrasi Mode ” Nouvelle illustration de mode franncaise ” yang akan berlangsung pada 30 Mei s.d 9 Juni. Pameran ini memperluhatkan perkembangan termutakhir dalam memvisualisakikan gagasan atau ide-ide dalam dunia mode, dimana melalui pameran ini dapat dilihat perpaduan-perpaduna antara Seni Grafis, Fotografi, dan perpaduan citraan-citraan populer yang mencairkan dunia seni itu sendiri. Akan tetapi melalui proses tadi akhirnya melahirkan ilustrasi mode prancis sebagai dunia seni tersendiri dalan konteks kontemporer.
Pameran ArtePolis yang merupakan salah satu serangkaian kegiatan workshop dan seminar Internasional tentang Urban Culture yang bertajuk: Creative culture and the making of place yang diadakan oleh Fakultas Arsitektur ITB. Sedang pameran akan berlangsung pada 16 Juli s.d 29 Juli di galeri Soemardja.

Pada awal semester ini Galeri Soemardja dengan bangga menghadirkan sebuah pameran tunggal karya lukis dari Dadang Sudrajat yang merupakan salah seorang pengajar pada studio seni lukis di FSRD-ITB, dengan bertajuk ” SUBLIMINAL” yang berlangsung dari tanggal 20 Agustus-30 Agustus pameran ini mengusung kembali karya-karya abstrak Bandung yang dikuratori oleh Heru Hikayat.Sedangkan agenda di bulan September ini galeri Soemardja kembali memamerkan karya-karya poster dengan bekerja sama dengan The Japan Foundation, galeri Soemardja akan memamerkan poster-poster advertising dari Jepang. pameran ini berlangsung pada tanggal 8 September s.d 30 September, disela-sela kegiatan pameran terdapat juga program workshop kreatif pembutan poster yang akan di pandu oleh H. Pidi Baiq dan Roumy Handayani Pesona, pada tanggal 8,9,11 September.

Pameran tunggal Tisna sanjaya, seniman Bandung legendaris juga seorang dosen seni grafis ITB akan dipasang sebagai pameran Highlight semester ini. Beliau akan memamerkan beberapa karya lama dan karya baru yang khas dengan seni grafis konvensionalnya. Salah satu rangkaian pameran tersebut akan diadakan semacam Award yang ditujukan bagi kurator, penulis atau periset muda yang tertarik menulis tentang Tisna Sanjaya. Tidak kalah menariknya program pameran juga akan diisi pameran AK-47 dari pematung; Iswanto dan Amrizal. S. Program-program diatas merupakan program kegiatan yang sudah ditetapkan sebagai program 6 bulan kedepan galeri Soemardja, namun disela-sela program-program tersebut ada beberapa kegiatan sisipan seperti pameran Tugas Akhir Mahasiswa, Diskusi bulanan dari penerbit Jalasutra, Workshop dari dalam dan luar negeri yang sifatnya undangan, dan sebagainya. Galeri juga menerima Open Proposal bagi mahasiswa atau masyarakat umum yang ingin berkegiatan, untuk lebih jelasnya dapat menghubungi Tisa Granicia (public relation) atau Dimas Arif ( Project Manager – scraberman[at]yahoo.com ).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button